Slovakia Country: Waspada Penyakit Menular Seksual (PMS)

Jumat, 19 Juli 2013

Waspada Penyakit Menular Seksual (PMS)

Dimulai dari GONORE atau kencing nanah (karena ini yg paling mudah menular) :
Gonorrhea adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.
Gejala gonorrhea bervariasi dan diperkirakan sekitar 30 – 60% tidak menimbulkan gejala terutama pada wanita. Gejala gonorrhea pada pria dan wanita berbeda karena perbedaan anatomi kelamin. Penyakit gonore ini tidak hanya menyerang pria dan wanita dewasa. Namun bayi yang baru lahir sekalipun bisa terinfeksi gonore dari ibunya bila selama proses kelahiran terjadi pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan mengeluarkan nanah. Bila tidak segera ditangani dan diobati, bisa menyebabkan kebutaan pada bayinya.
http://gonore.org/wp-content/uploads/2013/02/images.jpg
Gejala gonorrhea pada pria adalah :
1. Nyeri dan perasaan tidak nyaman pada saluran kencing (urethral discomfort)
2. Nyeri pada saat kencing (disuria)
3. Keluar duh tubuh (pus/nanah) dari penis disertai nyeri (purulent discharge)
4. Sakit tenggorokan jika terjadi infeksi pada tenggorokan disebabkan karena oral seks
5. Gatal – gatal pada anus disertai keluar nanah jika terjadi infeksi pada daerah anus karena hubungan seks melalui anus

Gejala gonorrhea pada wanita adalah :
1. 80 % tidak menimbulkan gejala
2. Keluar cairan putih keruh kekuningan (Vaginal discharge)
3. Nyeri abdomen Kronis
4. Nyeri saat kencing (disuria)
5. Sakit tenggorokan jika terjadi infeksi pada tenggorokan disebabkan karena oral seks.
6. Gatal – gatal pada anus disertai keluar nanah jika terjadi infeksi pada daerah anus karena hubungan seks melalui anus.
7. Pelvic Inflammatory Diseases (PID) = penyakit radang panggul

#cara pencegahan :
Satu-satunya cara untuk mencegah penyakit gonore ini adalah menghindari gaya hidup seks bebas dan selalu setia kepada pasangan. Dengan melakukan seks bebas, kita bisa dengan mudah tertutar penyakit gonore ini. Oleh karena itu itu, untuk memutus rantai penyakit gonore ini, kita tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual. Karena kita tidak pernah tahu seseorang tersebut menderita penyakit gonore maupun penyakit menular seksual yang lainnya.



Penyakit yang kedua yaitu SIPILIS atau raja singa :
Gejala dan tanda dari sifilis banyak dan berlainan. Gejala Sifilis biasanya mulai timbul dalam waktu 1-13 minggu setelah terinfeksi. Gejala bisa berupa merasa tidak enak badan (malaise), kehilangan nafsu makan, mual, lelah, demam dan anemia. Penyakit Sifilis pada laki-laki lebih terlihat gejalanya dibandingkan dengan perempuan.


Berikut adalah 4 tahapan Sifilis:
1. Fase Primer
Terbentuk luka atau ulkus yang tidak nyeri (cangker) pada tempat yang terinfeksi; yang tersering adalah pada penis, vulva atau vagina.
2. Fase Sekunder
Fase sekunder biasanya dimulai dengan suatu ruam kulit, yang muncul dalam waktu 6-12 minggu setelah terinfeksi.
3. Fase Laten
Setelah penderita sembuh dari fase sekunder, penyakit akan memasuki fase laten dimana tidak nampak gejala sama sekali. Fase ini bisa berlangsung bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun atau bahkan sepanjang hidup penderita.
4. Fase Tersier
Pada fase tersier penderita tidak lagi menularkan penyakitnya. Bila tidak diobati dengan benar, sifilis dapat menyebabkan efek serius seperti kerusakan sistem saraf, jantung, atau otak.
untuk sipilis ini TS belum begitu mengerti cara penanganannya, hanya mengerti gejala yg ditimbulkan.
jadi saran TS bagi yg sudah memiliki ciri2 penderita sipilis, segera hubungi dokter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar