Slovakia Country: Umur baterai Vs Charger Cycle

Minggu, 21 Juli 2013

Umur baterai Vs Charger Cycle

Umur baterai ditentukan dari charger cycle ?

Ini masih menjadi pernyataan yang simpang siur dan rancu. Ada penjelasannya sih...

Menurut standar pabrik:
1 Cycle adalah kondisi di mana baterai dipakai lebih dari 85% dari kapasitasnya dan di-charge. Ini adalah metode pengujian umum yang dilakukan untuk menentukan umur baterai Li-Ion oleh vendor (bahkan ditentukan suhu pemakaian dan charging juga). Dari baterai penuh di-drain sampe habis berulang2 sampe terlihat titik wear out baterainya... Ini merupakan kondisi ideal dari pabrik sono, tidak mungkin kita mencapai titik cycle ini dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi kalo ditanya prakteknya: 
Terlalu sering nge-charge juga akan mengurangi umur baterai Li-Ion  Karena otomatis saat nge-charge ada kenaikan suhu dan baterai seperti ini enggak suka suhu panas hehehe... Walaupun mungkin tidak termasuk definisi menghabiskan 1 cycle baterai, tapi baterai akan lebih cepat berkurang kapasitasnya kalo keseringan di-charge... 

Memang disarankan bahwa baterai baru waktu pertama kali pakai di cycle 3x. Dengan cara :Kosongkan baterry sampai hibernate/shut down -> Charge sampe 100% (entah sambil laptop di-on atau off mode). Ini terhitung 1 cycle. Ulangi hal diatas sampai 3 cycle untuk mengaktifkan sel" elektronik dalam battery.
ada juga panduan dari apple, katanya maksud dari 1 charge cycle tuh bukan sekali ngecas, tapi bagaimana batre di cas 100% dari kapasitasnya, tapi ga mesti sekaligus. misalnya hari ini kita make ampe 50%, terus dicas, besoknya kita make 50% lagi, terus di cas. nah kan total casnya= 50%+50%=100%. itulah yang dinamakan 1 buah charge cycle.. coba liat2 di webnya apple deh. katanya sih gitu, makanya gw ga takut2 ama charge cycle. malah jadi ga nyaman makenya kalo terlalu takut ama umur batre.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar